Campaign INDIEGOGO VS KICKSTARTER



Indiegogo! adalah suatu platfom bagi pengusaha yang memiliki ide dan ingin proyeknya menjadi kenyataan. Prinsipnya sama seperti Kickstarter yang sudah kita bahas diartikel sebelumnya. 

Terus apa bedanya dong ?

Ya bedalah, namanya aja beda jauh! #loh #kidd
Menurut Versi saya

Indiegogo memiliki konsep yang serupa dengan Kickstarter, sama-sama membantu para pengusaha yang memiliki ide tapi ngga punya duit buat bikin proyeknya. Bagi kamu yang suka dengan ide-ide menarik kamu bisa kunjungi website ini dan kamu bisa menjadi Donatur!
kamu suka dengan ide nya? mau punya juga alat seperti itu? Jangan khawatir, disini kamu juga bisa menjadi Donatur! Selain kamu membantu creator, kamu juga bisa mendapatkan alat / barang yang kamu suka. Langsung aja kita bahas secara keseluruhan! 

Tampilan website Indiegogo

Well, yang saya lihat selama ini campaign Indiegogo rata-rata adalah pre-order dari Kickstarter, tentu saja dari segi harga sudah berubah biarpun harga yang tertera belum harga retail ke pasar, jadi masih bisa dibilang exclusive!
Contoh campaign Alex Posture yang saya beli kemarin.
Disini kebetulan ada early bird (tergantung creator). Disini ada 3 early bird, dengan harga $49 , $59 dan $69. Kebetulan saya dapat harga early bird yang $49. dan setelah campaign ini selesai, biasanya mereka akan kasih website dimana tulisannya PRE-ORDER dan langsung meluncur ke Indiegogo.


Lihat harga yang tertera pada Indiegogo ? $99 booo!!
Disinilah letak perbedaannya! ya jelas harganya jauh banget!
Tapi disini bukan salah Indiegogo nya kok. Bagi para Creator Indiegogo ini sangat bagus. kenapa ?
Jelas lah, di Indiegogo bisa kasih fitur (1) Pre-Order tanpa harus terhalang oleh waktu yang ditentukan.

Menurut saya kekurangan Indiegogo adalah sulitnya MEN-CANCEL suatu campaign! Saya ngga mengerti kenapa di Indiegogo ini sulit banget kalo mau cancel barang yang sudah kita donasiin. Mungkin ingin mengurangi tindakan curang / kejahatan kali ya. Tapi yang jelas jangan pernah coba-coba ya guys! karna kalo saya sendiri suka cancel campaign yang di kickstarter ^.^ Berhubung saya mengejar early birdnya dulu baru lihat barangnya 😃( Jangan ditiru)

Kesimpulan :
- Setiap website walaupun memiliki visi yang sama tapi selalu ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing website.
- Oiya, ngga semua campaign Indiegogo berasal dari Kickstarter!! ini Tergantung dari Creatornya! tapi rata-rata yang saya lihat seperti ini( Kickstarter ⇒ Indiegogo)
- Saya lebih suka kickstarter, bagaimana dengan kamu ? comment and share ya 😃

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 komentar:

  1. Kalau contribute di Indiegogo dan proyeknya sukses, bisa shipping ke Indo ya berarti? Apakah proses shippingnya lama dan ribet? Semisal ada tambahan bea cukai, dsb.

    BalasHapus